Indonesian Cuisine: Ketoprak dan Gado-gado

INDONESIAN CUISINE
KETOPRAK ATAU GADO-GADO

Halo! ^^

Berbeda dengan yang sebelumnya, kali ini kita akan bahas secara mendetail dua makanan khas warga Indonesia yang paling sering ditemui dan dikonsumsi oleh warga setempat. Yap, makanan itu adalah ketoprak atau gado-gado.

Kedua makanan ini pasti udah dikenal di Jakarta dan paling mudah dan sering ditemui di mana-mana, dengan kata lain penjualnya banyak banget. Kalau disuruh milih nih, secara personal kalian lebih milih ketoprak atau gado-gado?šŸ˜€

Seperti yang kita tau, ketoprak adalah salah satu makanan khas warga Indonesia yang dibuat menggunakan bahan dasar ketupat. Lalu, ketupat tersebut disajikan bersama lauk-pauknya yaitu biasanya tahu, bihun, taoge, timun, kerupuk atau emping dan bisa juga ditambah telur rebus dan tempe.Ā Setelah itu, barulah dihidangkan dan dilengkapi dengan saus kacang dan kecap manis yang bisa diulek bersama dengan cabe sebagai bumbu dasar sama seperti sate dan ditaburi bawang merah goreng.

Ketoprak ini seringkali dan dapat dengan mudah ditemukan warga-warga Jakarta karena biasanya dijual di daerah pedagang kaki lima menggunakan gerobak ataupun di daerah warteg-warteg. Alasan kenapa banyak warga yang membuka usaha ketoprakĀ ini karena usahanya sangat praktis dan efektif, si pedagang hanya butuh tempat berjualan, peralatan makan dan bahan-bahan untuk membuat ketoprak. Ketoprak ini sendiri dibuat dalam waktu yang sangat singkat dengan hanya menggunakan beberapa alat seperti pisau, ulekan, garpu dan sendok saja.

Sedangkan makanan khas Indonesia kedua yaitu gado-gado ini sebenarnya makanan yang berasal dari Pulau Jawa. Gado-gado merupakan sayur-sayuran yang direbus lalu dicampur dengan bumbu kacang atau saus kacang tanah menjadi satu. Tak hanya begitu, di atasnya ditaruh irisan telur dan di atasnya ditaburi bawang goreng dan dimakan dengan pelengkap yaitu kerupuk atau emping goreng.

Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti saladĀ dengan bumbu atau saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasiĀ putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.

Menurut Wikipedia, beberapa info mengenai lauk pauk dari gado-gado dan bahan dasar pembuatan saus kacang, yaitu sebagai berikut:

Sayur-sayuran yang sering digunakan dapat bervariasi, walau sayuran yang biasa digunakan adalah:

  • Sayuran hijau yang diiris kecil-kecil seperti selada, kubis, bunga kol, kacang panjang, dan taoge
  • Sayuran lainnya seperti wortel dan mentimun
  • Tomat
  • Kentang rebus yang diiris
  • Telur rebus

Dengan perkecualian telur dan kentang rebus, sayur-sayuran yang digunakan biasanya masih dalam keadaan mentah. Walau kadang-kadang sayuran seperti kubis dan bunga kol bisa juga direbus air panas. Ada juga sayuran yang kadang-kadang dimasak dengan uap air panas.

Bahan bahan untuk pembuatan Gado-gado.

Salah satu perbedaan gado-gado dari salad sayuran lainnya adalah saus kacangĀ yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan untuk saus kacang ini juga dapat bervariasi. Bahan yang biasa digunakan adalah:

  • Kacang goreng yang dilumatkan
  • Bawang putih
  • Cabai dan merica
  • Air jeruk nipis
  • Garam dan gula merah

Terkadang juga ditambah:

  • Santan
  • Kecap
  • Terasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s