Indonesian Cuisine: Aneka Jajanan dan Kue

INDONESIAN CUISINE
ANEKA JAJANAN DAN KUE

Halo, kali ini di post yang kedua kita masih tetep ngebahas tentang makanan-makanan di Indonesia. Walaupun udah nggak sabar buat ngepost makanan luar negri dari Western sampai Chinese maupun Korean, makanan-makanan kali ini nggak boleh dilewati.

Yap, walaupun kali ini tetap makanan Indonesia tapi ada bedanya dari section pertama yang lalu. Bedanya, di sini kita bakalan ngebahas tentang aneka jajanan dan kue khas nusantara yang hanya ada di Indonesia.

Yang pertama, ada kue klepon. Kue klepon terbuat dari tepung beras ketan dan dibentuk seperti bola-bola kecil yang isinya gula merah.

Cara memasaknya dengan merebus dalam air yang mendidih. Setelah itu, klepon diangkat dan digulingkan di atas parutan kelapa sehingga kelapa melekat pada keseluruhan tubuhnya. Umumnya dialasi daun pisang dan disajikan dengan tambahan kiciran gula merah.

Yang kedua ada  kue yang hampir mirip dengan kue klepon, yaitu kue onde-onde. Onde-onde ini berasal dari kota Mojokerto, yang katanya sudah dikenal keberadaannya sejak zaman Majapahit.

Kue onde-onde terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang digoreng atau direbus. Onde-onde umumnya diisi dengan pasta kacang hijau. Permukaannya kemudian ditaburi dengan biji wijen dengan cara menggulingkannya di atas taburan wijen.

Berbeda dengan kedua makanan sebelumnya, kali ini ada kolak pisang. Kolak pisang ini dimakan seperti sup karena memiliki kuah yang cair dan makanan ini disantap selama masih hangat. Biasanya, saat memasak atau membuat kolak pisang ini, mereka memasukan daun pandan agar aroma dan rasanya lebih lezat.

Sedangkan untuk isi kolak pisang, biasanya disajikan dengan isi pisang, ketela, tape, mutiara sagu dan direbus di dalam santan.

Yang keempat ada kue lapis. Seperti yang diketahui, bagi kita orang Indonesia pasti sudah kenal banget sama kue satu ini. Sesuai namanya, kue lapis diberi nama begitu karena bentuk atau wujudnya yang berlapis-lapis warnanya. Jadi, di dalam satu kue terdapat berbagai lapisan warna yang digabungkan membentuk satu kue. Kue lapis biasanya terdiri dari dua warna sampai empat atau lima warna.

Kue ini terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna. Cara membuatnya adalah dengan mengukus selapis demi selapis.

Yang kelima yaitu kue lemper. Lemper terbuat dari ketan yang umumnya diisi dengan abon atau suwiran daging ayam. Setelah diolah, lemper dibungkus dengan daun pisang sehingga meninggalkan aroma yang khas dan selalu segar.

Saat ini, lemper juga populer dengan cara dibakar. Kabarnya, lemper bakar ini lebih lezat dan legit.

Demikianlah lima aneka kue jajanan yang populer dan hanya ada di Indonesia. Namun, salah satu kue lainnya yang unik dan hanya ada di nusantara yaitu kue berikut.

Kue tersebut bernama kue lumpur. Walaupun begitu, nama dan kuenya berbeda jauh. Dilihat dari gambar di atas, pastinya kue ini memiliki rasa yang sangat enak. Jajanan ini berbahan utama santan, kentang, tepung terigu dan telur. Umumnya ditambahkan vanilla agar aromanya lebih terasa. Kue basah ini seringkali disajikan dengan hiasan kismis atau kelapa muda di permukaannya. Karena tergolong kue basah, kue lumpur tidak tahan disimpan lama.

One thought on “Indonesian Cuisine: Aneka Jajanan dan Kue

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s