Indonesian Cuisine: The Top Five

INDONESIAN CUISINE
THE TOP FIVE

Halo! ^^

Di sini kita bakal ngebahas tentang makanan-makanan orang Indonesia. Negara kepulauan seperti Indonesia tentunya punya banyak pulau dan provinsi. Kalau setiap provinsi punya adat dan khas yang berbeda-beda pastinya makanannya juga banyak macam dan ragamnya yang pasti enak sesuai cara penyajiannya masing-masing yang unik.
Karena Indonesia punya lebih dari 30 provinsi, maka dari itu di sini bakal ditampilin makanan yang khas banget dan terkenal di Indonesia, istilahnya makanan top di Indonesia.

Yang pertama, kita punya nasi goreng!
Wow, jangan salah. Kalau kita orang Indonesia pasti udah kenal banget sama yang namanya nasi goreng, tapi bagi turis atau wisatawan asing, mereka justru pengen banget nyobain makanan yang satu ini. Walaupun udah sering makan, pasti kita semua nggak pernah nggak suka sama nasi goreng karena kelezatannya, selain itu nasi goreng juga bisa dibuat dengan bermacam-macam cara dan bermacam-macam lauk. Bisa pakai kecap, bisa pakai keju, bisa pakai mentega.

English: Nasi Goreng (Indonesian fried rice) w...

Justru makanan seperti nasi goreng inilah yang asing bagi si turis-turis. Mereka malah semangat kalau disuruh nyobain nasi goreng khas Indonesia ini. Contohnya, penyanyi Owl City, si Adam Young, yang kabarnya suka banget sama nasi goreng. Yummy!

Yang kedua yaitu rendang, makanan yang terkenal dengan kepedasannya ini juga menjadi makanan khas yang terkenal di Indonesia. Daging yang dicampur dengan bumbu-bumbu lezat dan santan dari Padang ini memang terasa enak banget di lidah. Lagi pula, rumah masakan Padang berbentuk unik dan mudah ditemukan di mana-mana karena sudah cukup menjamur di Indonesia, terutama Jakarta.

Selain itu, rendang ini juga mendapatkan award untuk World’s 50 Most Delicious Foods oleh CNN International tahun 2011 lalu. Keren!

Yang ketiga yaitu makanan berkuah yang dikenal dengan nama soto. Soto ini terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Selain menarik karena rasa dan penampilannya, soto sendiri bisa disajikan berbeda-beda dan banyak sekali macamnya. Soto umumnya menggunakan daging ayam atau sapi, tetapi ada juga yang menggunakan daging babi dan kambing.

Beberapa jenis soto antara lain soto ayam, soto babat, soto kambing. Makanan yang memiliki kemiripan dengan sop ini bukan hanya penggunaan dagingnya yang berbeda, namun cara penyajiannya juga berbeda-beda. Soto bisa disajikan menggunakan nasi karena nasi merupakan masakan pokok Indonesia ataupun bisa disajikan dengan mie. Lauknya sendiri berbagai macam, umumnya perkedel, emping melinjo, sambal, saus kacang, kerupuk, sate telur pindang, sate kerang, jeruk limau, bawang dan campuran tumbukan kerupuk dengan bawang putih.

Yang keempat yaitu sate. Makanan yang super enak dan terkenal ini cukup unik bagi para turis karena bentuknya disajikan seperti marshmallow yang ditusuk. Bedanya, sate ini adalah daging yang dipotong kecil-kecil lalu ditusuk dan disajikan dengan saos kacang dan kecap. Dagingnya sendiri bisa merupakan daging kambing, ayam, domba, ikan, dll. Sate sendiri bisa disajikan dengan nasi ataupun lontong.

Walaupun Sate merupakan masakan yang berasal dari Jawa, Indonesia ini, sate sudah cukup populer di negara-negara tetangga kawasan Asia Tenggara antara lain Malaysia, Thailand, Philippines dan Singapore. Sate juga disajikan di Belanda karena dulunya Belanda merupakan penjajah di negara kita. Sama seperti rendang yang mendapatkan award, sate juga mendapatkan award dan menduduki peringkat ke-14 di ajang World’s 50 Most Delicious Foods yang diselenggarakan oleh CNN International. Woah!

Yang terakhir, masakan kelima yaitu nasi tumpeng! Masakan yang berupa nasi yang disusun membentuk kerucut tentu sangatlah unik bentuknya dan sangat memancing perhatian di mata para turis. Nasi yang digunakanan umumnya bukan nasi biasa, melainkan nasi kuning walaupun ada juga yang menggunakan nasi putih biasa atau nasi uduk.

Lauk pauk yang menyertai nasi tumpeng ini bisa bervariasi dan tergantung banyak macamnya. Bisa disajikan dengan sedikit lauk pauk, bisa juga disajikan dengan banyak sekali lauk pauk (lengkap) tergantung dengan pesanan si pemesan atau sajian si pembuat. Lauk pauk yang umumnya antara lain daging, perkedel, abon, telur dadar, timun, seledri, tempe kering, serundengn dan urap kacang panjang serta ikan asin. Di kota-kota Jawa Tengah dan Yogyakarta kerap kali dilakukan lomba menghias nasi tumpeng untuk menyelenggarakan  17 Agustus-an.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s